....

Rabu, 04 Februari 2009

tips meraih sukses di dunia kerja

resensi ini dimuat di majalah Anggun edisi 7 bulan feb 2009

Judul buku : 13 Jurus Jitu Sukses di Dunia Kerja
Penulis : Windya Novita
Penerbit : Daras Books, Jakarta
Cetakan : Pertama, November 2008
Tebal buku : 204 halaman
Harga: 39.900,-

Dunia kerja, mungkin bisa diibaratkan mirip sebuah kapal yang sedang berlayar di tengah lautan. Tidak mustahil, kalau badai sewaktu-waktu bisa datang menghadang. Batu karang bisa pula akan menghalangi laju kapal yang mengarungi lautan hendak ke tempat tujuan. Jikalau, Anda sebagai anak buah kapal, tentu Anda akan berkerja keras untuk membantu sang nahkoda mengarungi lautan yang penuh dengan tantangan.

Demikian juga dengan dunia kerja. Tak jarang, Anda dihadapkan dengan seribu rintangan. Memang, setiap orang yang memasuki dunia kerja mengharap karier melaju mulus, gaji tinggi, rekan kerja yang menyenangkan dan bos (pimpinan) yang empati.

Tapi mimpi Anda itu bisa jadi akan terbentur dengan kenyataan pahit yang tak pernah Anda harapkan. Anda bisa jadi mendapatkan bos yang pemarah, sudah kerja bertahun-tahun, tapi karier tersandung batu. Selain itu, gaji Anda bisa jadi tidak kunjung naik. Lebih tragis, Anda tak bisa bekerja dengan nyaman karena kerap diperlakukan tak adil, punya rekan kerja menyebalkan dan seribu persoalan lain lagi.

Bagaimanakah menghadapi semua persoalan di tempat kerja yang tidak seperti Anda harapkan di atas? Buku yang ditulis Windya Novita --seorang wartawan yang hobi menulis fiksi dan juga non-fiksi- ini akan membantu Anda menjawab berbagai persoalan pelik yang kerap dialami sebagian besar karyawan di dunia kerja. Dengan mengangkat 13 kasus masalah di dunia kerja, penulis tidak hanya menggali akar masalah yang terjadi melainkan juga memberikan solusi dan tips jitu sebagai jalan keluar.

Dunia kerja, kadang memang kejam. Bisa jadi, Anda mengalami karier mentok meski Anda sudah kerja 5 tahun. Apa yang Anda lakukan? Dengan jeli, penulis meminta Anda untuk menggali penyebab di balik semua itu. Apa akar masalah itu dari interent diri Anda atau eksteren dari perusahan? Jika asap itu datang dari diri Anda, maka Anda harus cepat berbenah; misal mengukir prestasi dan bekerja dengan maksimal. Tapi jika dari perusahan, tak menutup kemungkinan Anda harus “menangkap” peluang mencari kapal baru yang bisa memberikan kesempatan karier ke depan, kendati pun tak harus gegabah dengan segera pindah kerja.

Selain menawarkan tips jitu tatkala Anda mengalami karier mentok, buku ini juga menawarkan kiat-kiat sukses keluar dari masalah yang berhubungan dengan bos, misal ketika Anda memiliki bos yang pemarah, berlaku tidak adil, dan bagaimana cara sukses mengajukan kritik dan meminta kenaikan gaji. Juga masalah lain di dunia kerja seperti menghadapi senioritas dengan teman kerja, bekerja sekantor dengan pasangan, serta kiat menghadapi rekan kerja yang tidak kooperatif dan lain-lain.

Kunci untuk bisa suskses di dunia kerja, memang tidak semata-mata tergantung kepandaian otak belaka melainkan ditunjang kemampuan Anda berhubungan dengan orang lain. Tak salah, buku yang mengupas 13 jurus jitu agar Anda bisa sukses di tempat kerja ini serasa mengajak Anda pandai-pandai bergaul (menajalin komunikasi) dengan orang lain, terumata bos dan rekan kerja Anda.

Akhir kata, sekali pun buku ini tergolong tipis, tetap saja tak bisa Anda sepelekan, karena buku ini bisa jadi akan membawa Anda keluar dari kemelut yang Anda alami di dunia kerja sehingga Anda mampu bangkit, selamat dari kerudung masalah dan meraih sukses --jadi pemenang-- di tempat kerja. (n. mursidi, blogger buku terbaik dalam Pesta Buku Jakarta 2008).

4 komentar:

M.Iqbal Dawami mengatakan...

Dikirim kemana nih?

n. mursidi mengatakan...

resensi ini sudah siap/akan dimuat d majalah anggun --terbit pertengahan bulan februari ini...

M.Iqbal Dawami mengatakan...

Kapan2 boleh gak aku gantiin resensi Kang Murshid dg resensiku di Hidayah dan Anggun? :)

n. mursidi mengatakan...

wah, kerjaku itu sudah dibagi dalam job disk rapat redaksi. jadi, sudah merupakan paket dari kerja bulanku. he 3x!!!