....

Sabtu, 30 Mei 2009

buku gratis bulan mei 2009










Tak sedikit pengunjung blog-ku ini yang mengirimkan pesan elektronik, menanyakan tentang tips menulis resensi. Aku tentu bingung menjawab pertanyaan itu. Pertama, aku dulu belajar menulis resensi secara otodidak, tidak pernah belajar pada seorang guru. Jadi pengetahuan, wawasan dan sepenggal teknik yang aku terapkan dalam menulis resensi sepenuhnya adalah jurus ngawur, jika tidak bisa dikatakan tanpa referensi. Kedua, jika aku menulis tanpa seorang guru, lantas bagaimana aku menjadi guru menulis. Aku tak pernah tahu bagaimana seharusnya guru menulis itu. Tak mustahil, jika aku tidak bisa menjadi guru yang baik. Aku tidak bisa menjadi pembimbing yang baik. Aku tidak bisa menjadi penuntun yang baik.

Tetapi tidak ada seorang pun yang akan percaya jika aku mengatakan bahwa aku bukanlah guru menulis resensi yang baik. Akhirnya, mau tidak mau, aku seperti dipaksa untuk menjawab. Sayang, pertanyaan seputar tips menulis itu tidak kunjung reda, selalu saja datang. Dan, kini aku sadar, bahwa aku sudah saatnya mengundurkan diri dari persilatan resensi buku. Sebagaimana seorang guru silat, aku tidak ingin apa yang pernah aku dapatkan selama aku menekuni dunia resensi buku itu tertimbun menjadi buku tertutup yang tidak bermanfaat. Karena itu, aku berusaha membantu, menjawab dan menjelaskan tips seputar "dunia resensi" kepada siapapun lantaran aku ingin mengungsi ke dunia lain; menulis dalam genre lain.

Meski aku sudah memutuskan untuk menulis dalam genre lain, toh buku-buku gratis dari penerbit masih juga berdatangan dan bulan ini aku mendapatkan buku gratis sekitar sepuluh buku;
01. Sell Anything, Chet Holmes (Daras, Jakarta)
02. Husein; Sang Ksatria Langit, Muhsin Labib (Zahra, Jakarta)
03. 30 Hari Jadi Murid Anakku, Mel (Akoer, Jakarta)
04. The Unwritten Laws of Business, WJ King (Serambi, Jakarta)
05. Kiki Strike; Petualang Kota Bayangan (Dastan, Jakarta)
06. The Effective Executive, Peter F Drucker (Serambi, Jakarta)
07. Mom Preneur: Super Mom Jadi Pebisnis, Mike Rini Sutikno dan Windya Novita (mebook, Jakarta)
08. Have You Seen Her?, Karen Rose (Dastan, Jakarta)
09. Lara Kusapa, Francoise Sagan (Serambi, Jakarta)
10. Zikir Ayat Kursi, Muhammad Ridha Wafa`i dan Nadir Muradi Paynawandi (Zahra, Jakarta)

Jika anda ingin menanyakan dunia seputar resensi buku, kirimkan sepucuk email. Aku akan menjawab sebisaku, selama aku memang mampu menjawab dan membantu. Bukankah ilmu yang diamalkan itu akan bertambah, bukan justru berkurang? Alasan inilah, yang membuatku tidak pelit untuk berbagai --berbagi pengalaman dalam menulis resensi buku-- karena aku ini bukanlah seorang guru (menulis resensi buku) baik. Jadi, aku hanya dapat membantu menularkan pengalaman, trik jitu dan daya tahan untuk tetap bertahan terus menulis sekali pun baru memulai menulis resensi buku.

Ciputat, 30 Mei 2009

5 komentar:

azwar mengatakan...

keep writing bro!

n. mursidi mengatakan...

thanks

Penikmat Buku mengatakan...

wick!! 10 buku gratis!! bikin ngiler aja. Eh, gak jadi deh...buku di kos masih numpuk *lah sapa yang mw ngasih* huehehehe...

tetep bikin resensi pak, biar saya bisa terus ngambil ilmunya :D

peace mengatakan...

how n where can i get this book..?
"hussein sang ksatria langit"..

n. mursidi mengatakan...

@ penimat buku: kini giliran yg muda dan aku mundur aja, kecuali hy jk ada permintaan media. hihihi
@ peace: bs didapat di toko bk online