....

Sabtu, 07 Mei 2011

Kumpulan Doa Terbaik Memohon Ampunan

resensi ini dimuat di majalah Hidayah, edisi 117 Mei 2011

Judul buku: Doa Terbaik Memohon Ampunan Allah: Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW
Penulis : Tim Zahra
Penerbit : Zahra, Jakarta
Cetakan : Pertama, Januari 2011
Tebal buku: 160 halaman
Harga : 29.900,- (disk 20%) = 23.920,-

Allah tidak pernah berpaling dari hamba-Nya yang meminta ampunan. Allah pun tak pernah ingkar janji. Bahkan setiap doa (permintaan) yang dipanjatkan oleh seorang hamba, dijamin akan “dikabulkan” oleh Allah. Hal itu sebagaimana ditegaskan dalam Al-Quran, “Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu’.” (QS al-Mu`min [40]: 60).

Tetapi, tak dapat disangkal bahwa setangkup doa yang dapat melejit dan bahkan mampu menembus pintu langit, hanya doa-doa yang sejatinya memenuhi syarat. Doa itu dipanjatkan dengan tepat, yang dibaca pada waktu yang mustajab, diungkapkan dengan sepenuh hati, disenandungkan dengan adab dan etika dalam berdoa. Dan setangkup doa yang paling baik, adalah doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah.

Kumpulan doa terbaik dalam memohon ampunan yang terhimpun dalam buku ini merupakan mutiara doa yang diajarkan oleh Rasulullah. Doa-doa ini diamalkan oleh cucu beliau: Imam Ali Zaenal Abidin as Sajjad –yang dikenal sebagai guru para sufi. Lalu doa-doa ini–oleh Imam Ali Zaenal Abidin—diajarkan pada salah satu murid terdekatnya, Abu Hamzah ats Tsumali. Dari rentetan itu, kumpulan doa ini kemudian dikenal dengan nama doa Abu Hamzah ats Tsumali.

Dari kumpulan mutiara doa yang diajarkan Rasulullah sebagaimana terhimpun dalam buku ini, ada setangkup doa yang sungguh luar biasa, menakjubkan serta indah lantaran memuat senandung kalimat sakral dan di balik doa itu memiliki kekuatan. Doa yang dipanjatkan dengan sayatan hati, jeritan dan penyesalan seorang hamba karena dia ingin mendapatkan ampunan dari Allah.

Tidak ada manusia di dunia yang bersih dan terbebas dari noda dosa. Karena itu, “memohon ampunan” kepada Allah adalah satu kewajiban yang tak bisa ditunda, apalagi dinafikan. Dengan begitu, buku ini tak saja akan merekatkan hubungan seorang hamba dengan Sang Pencipta tapi juga sekaligus membuka kesadaran baru dalam berdialog dan berkomunikasi dengan Allah.

Dengan mengamalkan kumpulan doa mulia di dalam buku ini, niscaya pembaca akan merengkuh kesadaran baru, dan bisa meraih puncak pengampunan Allah. Satu hal penting lagi: mendapat ampunan. Dosa-dosa kita menjadi berkurang, dan kita mendapat berkah, rahmat dan kebahagiaan hidup. (n. mursidi)

Tidak ada komentar: