....

Sabtu, 15 Maret 2008

16 buku (gratis) dari akoer

Mendapatkan kiriman buku (gratis) dari penerbit, bukanlah berita yang "mengejutkan" bagi saya. Karena sejak 1996, saya sudah seringkali mendapatkan kiriman buku-buku gratis dari beberapa penerbit. Tidak salah, kalau bertumpuk buku (yang ada di kamar) saya, nyaris sebagian besar merupakan buku yang saya peroleh secara gratis (dari sejumlah penerbit).

Tapi, kiriman buku dari penerbit tersebut bukan semata-mata pemberian yang tanpa ada usaha dan kerja keras sebelumnya. Artinya, untuk bisa mendapat buku-buku gratis itu, saya lebih dulu meresensi buku yang menarik dan memikat kemudian saya kirimkan ke media.

Setelah resensi itu dimuat di media, penerbit lalu mengirimkan hadiah beberapa buku -jumlahnya tidak tentu karena biasanya setiap penerbit memiliki kebijakan tersendiri mengenai jumlah buku yang dikirimkan sebagai hadiah-- ke alamat saya. Bahkan ada juga beberapa penerbit yang tak hanya memberi sekadar hadiah buku, melainkan juga ditambah dengan bonus lagi berupa uang.

Selain mendapatkan buku dengan cara menulis resensi lebih dulu, tidak jarang saya pun mendapat "buku" dari penerbit yang sudah percaya dan mengenal baik pada saya. Bahkan, ada penerbit yang sampai kini masih "setia" mengirimi buku terbaru --setidaknya setiap sebulan sekali- meski saya tak meminta, atau meresensi buku dari penerbit tersebut terlebih dulu. Juga tak jarang menerima kiriman buku yang dari seorang teman yang baru menerbitkan bukunya. Meskipun, setelah saya menerima buku itu tak lupa disertai sepenggal pesan, "Saya minta tolong dibantu mempublikasikan buku baru ini ke media massa!"

Saya pun seperti tak bisa mengelak!?!

Jadi bagi saya, tak ada yang istimewa dengan kiriman buku gratis dari penerbit. Juga, "buku pemberian" dari teman yang meminta saya mempublikasikan dalam bentuk "resensi buku" ke media massa. Tetapi kali ini, saya benar-benar mendapakan kabar sungguh mengejutkan. Sebuah paket buku, saya terima hari ini dalam buntelan yang cukup besar. Tak seperti biasanya (yang hanya mendapatkan kiriman buku sekitar 1-4 eksemplar) kali ini saya sungguh mendapatkan kejutan luar biasa. Sebuah paket buku yang lain dari biasanya. Lain dari yang lain.

Setelah saya membuka "paket istimewa" itu, ternyata di balik buntelan tersebut berisi 16 buku gratis --dari penerbit Akoer. Sungguh, suatu anugerah besar meskipun tak semua buku yang dikirim itu buku terbaru. Kendati demikian saya tak perlu lagi bersusah-susah mengeluarkan "uang" untuk membeli, apalagi paket buku tersebut tergolong buku-buku yang lumayan bagus.

Adapun 16 buku yang dikirim penerbit Akoer itu, antara lain berjudul:
01. Biola Tak Berdawai, Seno Gumira Ajidarma (2004)
02. Pintu Terlarang, Sekar Ayu Asmara (2004)
03. Imperia, Akmal N Basery (2005)
04. Kembar Keempat, Sekar Ayu Asmara (2005)
05. Nar`kobar the Motivator (2006)
06. Digitarius, Baron Leonard (2006)
07. Saraswati, Kanti W. Janis (2006)
08. Selasar Kenangan (2006)
09. Harga Sebuah Hati, Golagong dkk (2006)
10. Mahasati, Qaris Tajudin (2007)
11. BigSize, Wibi AR (2007)
12. Anti Marketing, Kafi Kurnia (2007)
13. Nagabonar Jadi 2, Akmal N. Basery (2007)
14. Eiffel..., I`m in Love, Rachmania Arunita (2007)
15. Biang Penasaran, Kafi Kurnia (2007)
16. Lumpur Semiliar, Alfian Malik (2007)

Jujur, paket itu tak semata-mata datang dari langit. Sebelumnya, saya terlebih dulu di-hubungi Mbak Rinni Anastasia --dari penerbit Akoer-- melalui e-mail yang meminta alamat saya dan berniat mau mengirimkan paket buku.
Empat hari kemudian kiriman itu datang ke alamat saya. Tidak terbesit -dalam benak saya- jika buntelan paket itu berisi 16 eksemplar buku. Saya pun hanya terpana, bahkan nyaris tak percaya!

Maka, tak ada kata yang bisa saya ucapkan kecuali ucapan terima kasih atas kiriman paket tersebut. Tentu saja, masih ada konsekwensi yang tak dapat saya abaikan setelah ini...

(Ciputat, 15 Maret 2008)

6 komentar:

abi mengatakan...

mohon di kasih alamat e-mail/situs yang memberi buku-buku gratis ya mas?saya pengen deh dapat kiriman buku-buku tapi tanpa bayar sepeerpun he...he

n. mursidi mengatakan...

kuncinya bukan kita tahu situs atau email lembaga/penerbit yang kasih buku2 gratis, tapi kerja keras, jalin hubungan baik dg penerbit (bersifat saling menguntungkan ke2 belah pihak) dan yang saya tempuh adalah mempromosikan buku2 baru dari sejumlah penerbit!!! semoga ini memberi anda spirit

firman wijaya mengatakan...

wow mau donk buku gratis!! pintar juga dikau mas mur..

n. mursidi mengatakan...

he 3x. dulu, awalnya juga iseng tapi lama2 jd langganan dapat...

znal mengatakan...

mana atuh kang bagi" buku gritongannya .....

NARKOBAR THE MOTIVASION

BURU NYA DA GANTENG
kirim email saja

menak.sumedang@yahoo.com

hatur nuhun
mudah"an akang di berikan semuakeinginan nya
aminn.........

n. mursidi mengatakan...

terima kasih, kang... amin utk doanya