....

Minggu, 28 Desember 2008

buku gratis bulan desember 2008

Apa yang Anda kerjakan, itu yang akan Anda dapatkan. Mungkin ungkapan itu sangat tepat untuk menggambarkan hubungan atau kerjasama tidak tertulis antara peresensi dengan penerbit buku. Artinya, kalau Anda kebetulan menulis banyak resensi dan dimuat di sejumlah media, maka Anda akan mendapatkan banyak "buku hadiah" dari penerbit sebagai bonus. Sebaliknya, jika Anda tidak menulis dan mungkin hanya (menulis) satu atau dua resensi (yang kemudian berhasil dimuat di media massa), maka Anda akan mendapat apa yang Anda kerja. Hasil yang Anda raih, tak lebih dari kerja yang Anda rajut!

Dengan adagium itu, wajar jika belakangan ini aku --yang tidak lagi menggebu-gebu menulis resensi-- cuma mendapatkan segelintir buku gratis dari penerbit, tidak lebih dari tiga buku saja! Adapun buku-buku gratis yang aku dapatkan selama bulan Desember ini, antara lain:

1. Kanker Payudara, John R Lee, MD & David Zava Ph.D & Virginia Hopkins MA (Daras Books, Jakarta), harga: 75.000,00.
2. The Treatment, Mo Hayder (Dastan Books, Jakarta), harga: 69.900,00.
3. The Swordless Samurai; Kebijakan Kepemimpin Legendaris Jepang Abad XVI, Kitami Masao (Redline Publishing, Jakarta) harga:

Meski di bulan Desember ini aku cuma mendapatkan buku gratis hanya segelintir, tetapi hal itu harus aku syukuri. Bukankah, Allah akan menambah secuil kenikmatan yang membuat kita tergerak hati untuk mensyukuri kenikmatan itu sekali pun hanya segelintir buku? Karena "rahasia bersyukur" atas kenikmatan yang kita dapatkan, tak jarang mengundang kenikmatan besar dan anugerah berlimpah yang seringkali datang tidak pernah kita duga!

Kalau bulan kemarin aku bercerita, tidak sedikit buku gratis yang aku dapat dari penerbit kemudian "berpindah tangan" untuk sementara waktu lantaran dipinjam oleh beberapa teman, ternyata sekarang sudah menghasilkan kisah yang cukup menentramkan. Sebab di antara buku yang dipinjam dan diresensi itu, ternyata ada yang "berhasil dimuat" di media massa. Kalau bulan-bulan kemarin, ada satu atau dua orang yang sebelumnya tidak aku kenal, kemudian mengirim email dan menanyakan tips, atau kiat menulis resensi supaya dimuat di media, sekarang pun sudah ada hasil yang bisa dipetik. Di antara mereka, ada yang kirim kabar bahwa tulisan resensi mereka akhirnya bisa tembus di media massa. Betapa menyenangkan! Betapa menyejukkan!

Jadi, wajar kalau kini buku-buku gratis yang aku dapatkan bulan ini nyaris tidak ada yang menyentuh. Tidak ada yang meminjam. Ketiga buku tersebut, kemudian "tergeletak" di sebelah tempat tidurku, dan di kala luang aku membuka untuk membaca, dan mengambil sekuntum bunga yang digemakan sang penulis dalam buku tersebut.

Kelak, aku yakin sepenuhnya, bahwa aku akan mendapat "sesuatu" dari apa yang aku kerjakan atau aku tulis! Jadi, bekerjalah Anda, dan kelak Anda akan mendapatkan balasan dari apa yang Anda kerjakan! ***

Ciputat, 28 Desember 2008

Tidak ada komentar: