....

Selasa, 21 Juli 2009

Mengungkap Rahasia Keberkahan Ayat Kursi

Resensi ini dimuat di majalah Hidayah edisi 95 Juli 2009

Judul buku : Zikir Ayat Kursi
Penulis : Muhammad Ridha Wafa`i dan Nadir Muradi Paynawandi
Penerbit : Zahra, Jakarta
Cetakan : Pertama, Mei 2009
Tebal buku : 240 halaman

Ayat Kursi bisa dikata menempati posisi tinggi serta mulia, kalau dibandingkan dengan ayat-ayat al-Qur`an yang lain. Pasalnya, dalam ayat itu diterangkan pembahasan berhubungan dengan mengenal Allah. Di sisi lain, ayat Kursi itu turun untuk menolak keyakinan kaum Yahudi yang “sesat” memahami kekuasaan Allah. Padahal, kekuasaan Allah itu tak terbatas. Allah tidak mengalami letih atau lelah sehabis menciptakan langit dan bumi --sebagaimana dikatakan oleh kaum Yahudi.

Hal itu seperti difirmankan Allah, “…Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi dan Mahabesar.” Dalam konteks itulah, penulis buku ini kemudian menegaskan bahwa ayat Kursi adalah ayat al-Qur`an yang agung. Bahkan ayat al-Qur`an yang paling agung adalah ayat 255 dari surat al-baqarah, yang tidak lain adalah ayat Kursi.

Tapi, tidak semua orang muslim mengetahui rahasia di balik keistimewaan ayat Kursi. Juga berkah yang dikandung ayat Kursi dan amalan yang bisa dipraktekkan agar mendapatkan kemuliaan di dunia dan akherat kelak. Dalam konteks itu, lewat buku ini penulis mengungkap rahasia keberkahan dan khasiat ayat Kursi.

Tak bisa disangkal, ayat Kursi itu memiliki kekhususan. Adapun kekhususan itu antara lain; sebagai ayat teragung, ayat pemuka al-Qur`an dan sumber kebaikan dan berkah. Dengan kekhususan sebagai sumber kebaikan dan berkah itulah, tidak salah jika menurut penulis, ayat Kursi memiliki rahasia keberkahan dan khasiat yang luar biasa, seperti untuk terkabulnya doa, untuk mendatangkan kesembuhan, meluaskan reziki, menghapus kefakiran, melipatgandakan pahala, meraih kebahagiaan dunia dan akherat.

Tentu, keberkahan itu akan bisa didapat dengan menjadikan ayat Kursi sebagai zikir. Tidak sedikit pendapat ulama dan hadits nabi yang meneguhkan keberkahan ayat Kursi itu. Dalam sebuah hadits, rasul bersabda, “Barang siapa pada saat hendak tidur membaca ayat Kursi, maka Allah akan mengutus dua malikat untuk menjaganya dari berbagai gangguan dan keburukan sampai masuk pagi.” Sedang Imam Muhammad al-Baqir berkata, “Barang siapa tengah menghadapi bencana lalu membaca ayat Kursi, maka Allah akan menolongnya sehingga ia terbebas dari bencana.”

Selain mengupas rahasia keberkahan, khasiat luar biasa ayat Kursi, buku ini juga menjelaskan tata cara mengamalkan zikir ayat Kursi. Juga, mengupas berbagai manfaat zikir ayat Kursi.

Memang dalam berbagai ritual keagamaan, tak jarang umat Islam membaca ayat Kursi. Tapi kerapkali amalan itu hanya sebatas bacaan yang disenandungkan semata dan tak diketahui secara detail kandungan dan keberkahan ayat Kursi. Karena itu terbitnya buku ini akan jadi pintu mengenal keberkahan, khasiat dan manfaat ayat Kursi.

Akhir kata, buku ini akan menuntun para pembaca dalam merengkuh kehidupan dengan amalam zikir ayat Kursi. Apalagi, buku ini disertai setumpuk pendapat ulama dan hadits yang membicarakan tentang ayat Kursi. Tidak diragukan, kalau buku ini akan membimbing pembaca mengarungi lautan keberkahan yang dikandung ayat Kursi dan keagungan dari mukjizat ayat Kursi. (n. mursidi)

Tidak ada komentar: