....

Senin, 27 Juli 2009

suka duka pernikahan beda negara

resensi ini dimuat di majalah Anggun edisi 7/II/Agustus 2009

Judul buku : Perkawinan Antarbangsa: Love & Shock!
Penulis : Hartati Papafragos
Penerbit : Airlangga, Jakarta
Cetakan : 2008
Tebal buku : 226 halaman

Pernikahan bukanlah semata-mata sebuah perjanjian suci yang diikrarkan oleh dua manusia lawan jenis untuk kemudian memasuki hidup baru dalam berumah tangga. Lebih dari itu, pernikahan sejatinya melibatkan hal-hal penting lain, seperti; pertemuan dua keluarga, persatuan dua karakter, penyesuaian dua budaya, tradisi, adat istiadat, latar belakang bahkan dua bangsa yang berbeda. Tidak salah, kalau konteks pernikahan beda bangsa itu kemudian dapat menjadi rumit karena adanya perbedaan yang cukup jauh untuk dijembatani.

Dalam konteks “pernikahan antarabangsa”, tentu tidak sedikit tantangan bahkan kendala yang dihadapi oleh pasangan tersebut. Selain perbedaan bahasa, hal lain paling rumit untuk diatasi oleh pasangan yang menikah beda negara adalah adanya perbedaan budaya, adat, tradisi dan kepercayaan. Tak mustahil jika hal itu bisa menimbulkan shock budaya (culture shock).

Buku Perkawinan Antarbangsa: Love & Shock! ini merupakan potret suka duka dari pengalaman nyata 6 orang wanita Indonesia yang telah menikah dengan pria asing (berkebangsaan Eropa; Yunani, Italia, Swedia, Rusia, Belanda dan Swiss). Pengalaman nyata yang dialami enam wanita yang dikisahkan dalam buku ini, meski pun tidak bisa disebut sebagai buku panduan, tetap bisa menjadi “pengalaman unik” yang bisa diambil hikmahnya sebelum Anda mengambil langkah menikah dengan orang asing.

Tak sedikit wanita yang menikah dengan pria asing harus mengalami setumpuk tantangan bahkan halangan; baik itu dari negara, masayarakat, maupun dari keluarga sendiri. Pernikahan beda bangsa pun sampai sekarang ini masih dianggap kontroversial. Apalagi kalangan awam tidak banyak yang tahu kehidupan nyata yang dialami mereka dan kerap menuduh dengan tudingan yang kadang tidak enak didengar, seperti wanita yang tidak punya jiwa nasionalisme, wanita matre dan lain sebagainya.

Kisah nyata dari enam wanita yang menikah dengan pria asing ini bisa dianggap sebagai ungkapan pelurusan hal miring itu, karena cerita-cerita wanita yang dikisahkan di sini memutuskan nikah dengan alasan cinta. Pun, tidak sedikit cerita yang diungkap dalam buku ini memang tak diketahui oleh sebagian orang awam. Karena itu, buku ini mengupas kiat-kiat sebelum memutuskan menikah dengan orang asing, masalah kejutan budaya, suka-duka 6 wanita Indonesia yang menikah dengan pria Yunani, Italia, Swedia, Rusia, Belanda, Swiss dan disertai perkenalan budaya enam negara tersebut.

Tentu, ada seribu pelajaran yang bisa diambil dari buku ini. Apalagi bagi mereka yang hendak melangsungkan nikah beda bangsa. Meski buku ini tidak mewakili semua wanita yang menjalani pernikahan beda bangsa, tapi ada cerita unik, mencengangkan dan menarik yang bisa dijadikan cermin karena mereka bisa hidup bahagia.

Memang, buku ini tak bisa dikata mewakili pandangan umum tentang gambaran orang Indonesia yang menikah dengan orang asing. Apalagi buku ini tidak mengambil kisah pria Indonesia yang menikah dengan wanita asing. Meski demikian, buku ini bisa dijadikan cermin untuk mawas diri, pertimbangan dan gambaran mengenal kehidupan wanita yang menikah dengan pria asing. Terlebih, bagi Anda yang ingin mengikuti jejak mereka. (n. mursidi, blogger terbaik dalam Pesta Buku Jakarta 2008)

3 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
amanda marika tene mengatakan...

saya bisa dapat buku ini dimana ya? saya sedang membuat skripsi mengenai perkawinan beda bangsa dan sedang mencari referensi buku-buku..

terimakasih sebelumnya

n. mursidi mengatakan...

buku ini sdh lama terbit, biasanya memang sdh tk dijual lagi di toko buku, kecuali di toko buku online, tp lbh jelasnya mbak bs menghubungi penulisnya langsung yg skrg tinggal di Yunani ttg buku ini, di email tatia30@yahoo.com (mbak Hartati Papafragos atau sy biasanya memanggilnya mbak hartati nurwijaya). semoga lbh detail dpt penjelasan ttg apa yg mbak butuhkan