....

Sabtu, 02 April 2016

Tips Sukses Meresensi Buku di Koran

Judul : Tip Sukses Meresensi Buku di Koran
Penulis       : N. Mursidi
Penerbit     : Elex Media Komputindo,
ISBN         : 9786020277912
Cetakan     : Pertama, Maret 2016
Tebal buku : 256 halaman
Harga        : Rp 59.800.00

Sebagian orang tahu bahwa menulis di koran --di rubrik opini, cerita pendek, esai, puisi bahkan resensi buku— itu bisa mendatangkan uang (atau honor). Bahkan jika ditekuni, aktivitas menulis di koran itu bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan. Tetapi tidak semua orang, terlebih bagi penulis pemula,  tahu bahwa honor menulis resensi buku itu jauh lebih besar jika dibandingkan dengan menulis opini, cerita pendek, puisi atau esai.


Sebab menulis resensi buku di media massa itu bisa mendapatkan honor dari berbagai pintu; dari koran, ditambah dari penerbit, dan jika beruntung bisa mendapatkan dari institusi (seperti kampus). Bahkan, kalau penulis buku yang kebetulan bukunya diresensi itu tidak pelit, masih menambah lagi honor. Jadi, peresensi itu bisa mendapatkan “honor ganda” --atau bisa disebut honor yang berlipat-lipat.

Ironisnya, honor yang berlipat-lipat bagi penulis resensi buku itu tidak banyak diketahui orang. Rahasia untuk mendapatkan honor berlipat-lipat itulah yang ingin dikuak penulis dalam buku ini. Selain berisi tip menulis resensi di koran, buku ini dilengkapi dengan pengalaman dan kisah sukses penulis yang bisa menjadi “obor” atau spirit bagi pembaca untuk mendulang uang dari lembaran koran.

Lebih jauh lagi, buku ini mengajak pembaca meniti “impian” dalam meraih masa depan yang dimulai dari meresensi buku; sebagai jalan untuk menjadi editor, wartawan, penulis buku, atau pembicara --di radio, pelatihan kepenulisan dan televisi.  



      

Tidak ada komentar: