....

Sabtu, 02 April 2016

Meraih Sukses dari Resensi Buku

 Oleh: Herry Prasetyo (dimuat di www.lifestyleandparenting.com)

Judul : Tip Sukses Meresensi Buku di Koran
Penulis       : N. Mursidi
Penerbit    : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: Jakarta, 2016

Salah satu jalur meraih sukses adalah lewat aktivitas menulis. Tidak heran jika penulis merupakan salah satu profesi yang diminati banyak orang. Profesi ini pun mewujud ke dalam beragam bentuk, seperti jurnalis atau wartawan, penulis buku, penyair, penulis skenario, dan penulis naskah atau artikel di koran atau media massa. Dengan demikian, Anda perlu berpikir dua kali jika meremehkan teman, saudara, atau bahkan pesaing Anda yang berprofesi sebagai penulis.


Banyak tujuan seseorang menjadi penulis, seperti mengungkapkan idealisme sambil mencari nafkah. Jika kebetulan Anda berprofesi sebagai penulis, tentu sudah mengantongi jawaban jika ditanya tujuan Anda menjalani pekerjaan tersebut. Masing-masing orang berbeda tujuan ketika memantapkan dirinya berprofesi sebagai penulis sehingga lahirlah banyak karya yang juga beragam dan bisa dipilih serta dinikmati para pembacanya.

Era gaya hidup yang berkembang pesat dan memungkinkan banyak media untuk menerbitkan suatu tulisan semakin mendorong banyak orang menggeluti dunia tulis-menulis. Semakin asyik dan tidak membosankan karena apa yang kita tulis mudah dan cepat dimunculkan. Jika Anda adalah blogger yang terbiasa memunculkan artikel, pasti lebih memahami bahwa begitu Anda menuliskan artikel, di saat itu juga tulisan Anda bisa diterbitkan di blog Anda dan banyak orang langsung membacanya.

Dengan demikian, semakin mudah kita menjadi penulis dan punya banyak pilihan media untuk menyebarkan karya-karya yang kita tuliskan. Selain menulis bisa untuk terapi jiwa atau untuk mendapatkan keseimbangan hidup, lewat aktivitas itulah jalan karier bisa ditentukan atau besar-kecilnya nafkah bisa kita nikmati. Beberapa penulis bahkan sudah menikmati sukses besar dan memiliki karya hebat yang dikenal banyak orang.

Peresensi Buku
Mengawali sebagai penulis yang bisa meraih sukses besar, dengan banyak karya yang luar biasa dengan beragam jenisnya, bisa dimulai dari menjadi peresensi buku. Para penulis pemula yang mungkin masih “ngos-ngosan” jika harus menuangkan ide ke dalam banyak halaman, bisa belajar menulis artikel bermutu lewat resensi buku; dengan jumlah kata yang masih terbatas. Kirimkan hasil tulisan resensi tersebut ke media massa, seperti koran atau majalah dan Anda akan mendapatkan manfaatnya.

Peresensi buku tidak bisa dianggap remeh karena dari menulis resensi, honor yang didapat bisa berlipat-lipat, misalnya dari penerbit koran, penerbit bukunya, bisa juga dari penulis buku yang berterima kasih karena karyanya diresensi.  Pengalaman seperti itulah yang ditulis oleh N. Mursidi dalam bukunya, Tip Sukses Meresensi Buku di Koran. Buku yang diterbitkan Elex Media Komputindo ini berisi kisah pengalaman penulisnya ketika sukses meresensi buku. Bahkan, sebuah koran di Jakarta menjulukinya “raja resensi”.

Buku ini bisa menjawab dengan tuntas rasa penasaran banyak orang yang ingin cerdas meresensi dan meraih sukses dari aktivitas tersebut. Penulisnya menginspirasi banyak orang bahwa meresensi buku selain bisa untuk mendapatkan kepuasan batin, juga dapat mendatangkan uang atau honor. Tidak sebatas itu, meresensi buku juga bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan karier di bidang kepenulisan. Setelah menjadi peresensi, kita bisa meningkat menjadi editor, misalnya, atau penulis buku. Jika peresensi berminat di bidang jurnalistik, jenjang karier menjadi jurnalis atau wartawan juga bisa dicoba. Banyak jalan sukses yang bisa ditempuh ke depannya setelah menjadi peresensi buku.

Buku yang lengkap mengupas seluk-beluk resensi buku ini bisa Anda pilih sebagai bahan pelengkap atau referensi jika Anda tertarik menuangkan kritik atau ulasan tentang buku, terutama jenis buku yang Anda sukai.  Pertanyaan Anda tentang apa itu resensi, bagaimana menuliskannya, hingga peluang lain menulis di koran atau media massa bisa Anda dapatkan jawabannya melalui buku ini. Pengalaman penulisnya yang sudah lima belas tahun menekuni dunia tulis-menulis bisa menjadi jaminan bagi Anda bahwa buku ini memang layak Anda beli, baca, dan terapkan kiat-kiatnya.

*) peresensi Herry Prasetyo

1 komentar:

Rohma azha mengatakan...

aku suka banget sama buku ini. jadi mupeng bisa punya bukunya...