....

Sabtu, 16 Agustus 2008

merengkuh karunia Allah lewat zikir

resensi ini dimuat di Hidayah edisi 85 Sep 2008

Judul buku : Zikir 1001 Asma`ul Husna dan Fadhilah Surat Yasin
Penulis : Tim Zahra & Abu Muhammad
Penerbit : Zahra, Jakarta
Cetakan : Pertama, Maret 2008
Tebal buku : 296 halaman

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang”. (QS. Al-Ahzab: 41-42)

Dalam ayat al-Quran di atas, Allah secara tegas memerintahkan kepada orang yang beriman untuk berzikir --dengan menyebut nama-- Allah sebanyak-banyaknya. Karena di balik perintah itu, Allah menjamin hati dapat tentram (QS. Ar-Ra`d: 28), mendapat ampunan dan pahala yang besar (QS. Ahzab: 35), dan agar memperoleh keberuntungan (QS. Anfal: 45).

Di samping itu, tak sedikit hadits nabi yang juga menganjurkan umat Islam untuk berzikir (ingat) pada Allah. Selain bisa membuat hati tenang, zikir memang memiliki banyak manfaat dan dampak yang dahsyat dalam hidup seseorang.

Buku berjudul Zikir 1001 Asma`ul Husna dan Fadhilah Surat Yasin ini adalah kumpulan doa dan zikir 1001 Asma`ul Husna yang menyiratkan akan setumpuk manfaat dan keutamaan zikir tersebut. Dengan mendasarkan zikir 1001 Asma`ul Husna, kumpulan zikir dalam buku ini bisa disebutkan sebagai kumpulan amalan terbaik. Pasalnya, zikir ini terdiri atas 1001 Asma`ul Husna yang tidak lain adalah untaian mutiara asma-asma Allah yang indah dan mulia.

Di antara manfaat zikir 1001 Asma`ul Husna, buku ini menyebutkan untuk menolak bala, mendapatkan keluasan rezeki, menyelesaikan masalah, mengusir kemiskinan, serta merengkuh kesuksesan. Tidak salah, zikir 1001 Asma`ul Husna ini disebut mengandung manfaat yang mengagumkan. Sebab itu, ada juga orang yang menamainya sebagai zikir mustajab dunia dan akhirat.

Selain memuat manfaat 1001 Asma`ul Husna, buku ini juga menjelaskan 75 fadhilah dari surat Yasin. Di antaranya, untuk menolak kefakiran, memohon anak, memperoleh keagungan/kemuliaan di mata manusia, menyembuhkan segala penyakit dan tentu masih banyak lagi karena surat Yasin adalah amalan yang dilimpahi setumpuk fadhilah.

Dua amalan zikir 1001 Asma`ul Husna dan surat Yasin ini, tentu saja dapat mengantarkan para pembaca bisa merengkuh karunia Allah. Dengan zikir 1001 Asma`ul Husna, tak menutup pintu jika setiap kebutuhan orang yang memohon pada Allah akan terkabul lantaran kasus atau masalah yang menghimpit itu tak lain akan langsung ditangani oleh Allah.

Buku ini bisa dikata kumpulan zikir Asma`ul Husna yang lengkap. Apalagi buku ini detail mengungkap 100 manfaat 1001 Asma`ul Husna dan 75 fadhilah surat Yasin, dan berupaya menggabungkan dua amalan penting itu dalam satu buku. Karena itu, tujuan diterbitkannya buku ini tak lain adalah untuk mengantar pembaca merengkuh kanunia Allah lewat zikir. (n. mursidi)

3 komentar:

supris mengatakan...

alaa bidzikrillaah tath ma innul quluub...:D

www.sri-wahyuni.blogspot.com mengatakan...

Berdzikir memang sarana yang urgent untuk mengungkapkan permohonan kita kepada Allah SWT. Hati serasa sejuk dan damai manakala bibir, hati dan perbuatan kita senantiasa berdzikir kepada-Nya.

sri wahyuni mengatakan...

Subhanallah, Allah Maha Besar. Dengan berdzikir, maka hati, lisan dan perbuatan akan senantiasa dituntun ke arah yang positif. Semoga Allah memudahkan segala urusan kita jika kita senantiasa berdzikir kepada-Nya. Amien.